Rabu, 08 Februari 2012

METODE PEMBELAJARAN

 Teknik Imajinasi visual
Teknik artinya cara, cara mengerjakan atau melaksanakan sesuatu. Jadi teknik pengajaran atau mengajar adalah cara-cara melaksanakan pengajaran atau mengajar di kelas pada waktu tatap muka dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan khusus (TIK atau TOK) saat itu. Teknik bersifat implementasional pelaksanaan dan terjadinya pada tahap pelaksanaan pengajaran (penyajian dan pemantapan), kalau kita perhatikan guru yang sedang mengajar  di kelas.
 Melalui teknik imajinasi, siswa dapat menciptakan gagasan atau ide mereka sendiri. Teknik imajinasi sangat efektif dalam belajar bersama khususnya dalam pembelajaran menulis puisi. Teknik ini juga berfungsi sebagai papan loncat menuju proyek atau tugas independen yang pada awalnya mungkin membuat siswa kewalahan seperti dalam pembelajaran menulis puisi. 
Penerapan teknik ini yaitu pada awalnya guru memperkenalkan topik yang akan dibahas. Guru menjelaskan bahwa pembelajaran menulis puisi ini menuntut kreativitas dan bahwa penggunaan imajinasi visual dapat membantu upaya mereka. Teknik ini menggunakan latihan relaksasi untuk membersihkan pikiran – pikiran yang ada saat pembelajaran menulis puisi, sehingga pada saat pembelajaran menulis puisi siswa hanya memikirkan dan membayangkan apa yang dilihatnya dan apa yang akan dituangkan dalam bentuk puisi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar